KABAR KALBAR
Kembangkan Makanan Ikan Jadi Khas Kalbar
Rabu, 21/09/2011

Klik untuk ukuran asli

Pontianak- Wilayah Kalbar yang sangat luas dimana terdapat daerah pesisir pantai dan laut, potensi lautnya sangat berlimpah ruah, hal ini belum dapat dimanfaatkan secara maksimal, melihat hasil tersebut perlu adanya pengolahan makanan ikan yang berciri khas Kalbar ini akan mejadi sesuatu yang sangat berpeluang dalam pengembangannya.
Demikian dikatakan Ketua Tim Penggerak PKK Kalbar Ny.Frderika Cornelis,S.Pd dalam sambutan tertulisnya Cipta Makanan Khas Kalbar ( Lauk-Pauk) yang digelar di Gedung Museum Pontianak, Rabu ( 21/9).
Kalbar yang sangat terkenal dengan bermacam-macam hasil laut dan sungainya, maka dalam turut berpartisipasi memeriahkan Festival Budaya Bumi Khatulistiwa ( FBBK), PKK Kalbar diberi kesempatan dalam mengisi acara ini, kususnya PKK melaksanakan lomba Cipta Menu makanan khas Kalbar, lomba ini khusus dalam mengolah ikan, selain itu kita juga akan menggalakan agar masyarakat Kalbar gemar mengkonsumsi ikan, diharapkan dalam lomba ini nantinya akan benar-benar terciptanya manu makanan khas Kalbar yang terbuat dari ikan, sehingga para tamu yang datang dari luar Kalbar akan terkesan dengan makanan khas Kalbar, tegasnya.
Sementara itu dijelaskan Ny.Meiske Anggrainy, S.Sos, MM selaku ketua Panitia mengatakan, dipilihnya lomba masakan menu khas ikan, karena ikan mudah didapat dimana saja, memang selama ini pengolahan hasil ikan belum dapat diolah secara khusus dan khas.
Memang dalam lomba ini juga akan ditekankan tiga unsur yang harus dipenuhi yaitu 3 B,diantaranya unsur bergizi, berimbang dan beragam, jadi para peserta nanti harus dapat memenuhi ketiga unsur tersebut, sedangkan dana tidak ditentukan yang jelas dalam menghidangkan untuk menu 4 orang, jelasnya.
Peserta yang mengikuti lomba ini 11 Kabupaten dari unsur PKK, kecuali yang absen dari PKK Kab.Sambas, Kota Singkawang dan Kota Pontianak.
Sedangkan Juri yang akan menila lomba ini terdiri dari Pondok Ale-ale, SMK 5 dan dan Gizi, ungkap Meiske.
Waktu yang disiapkan panitia untuk peserta memasak mulai dari jam 9.30 Wib hingga 11.30 Wiba.
Keluar sebagai pemenang pertama dalam lomba ini PKK kabupaten Pontianak dengan jumlah nilai 226, juara II PKK KabSanggau dengan nilai 220, juara III PKK Kayong Utara nilai 217.
Untuk juara harapan pertama diraih PKK Kapuas Hulu nilai 215, II PKK Kab Ketapang nilai 215 dan harapan III PKK Kabupaten Landak memperoleh nilai 211. ( Nasir Humas)





















 


KABAR LAINNYA:






APLIKASI e-Gov
LPSE Prov. Kalbar
RUP Prov Kalbar
Direktori File Kalbar
Database Kalbar
e-Proc (Lelang Proyek)
SIMKUM
e-Document
Organisasi Prov Kalbar
Simbada Pemprov Kalbar
Mitigasi Bencana
Dokumentasi & Informasi Hukum

INFO PUBLIK

LAKIP Pemprov 2013

UMP/UMK Kalbar 2014

Pergub Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah

LPSE KALBAR

Transparansi Pengelolaan Anggaran Daerah

Kajian Ekonomi Regional (KER) Kalimantan Barat 2011

Data Trafficking Kalbar

Statistik Kalimantan Barat

LAYANAN PUBLIK

Forum Anak Kalbar

Forum Transparansi Kalbar