KABAR KALBAR
Gubernur Kalbar : “Lima Faktor Penyebab Terjadinya Perdagangan Manusia Di Kalimantan Barat”
Kamis, 28/05/2009

Klik untuk ukuran asli

Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis mengatakan bahwa ada lima faktor yang menjadi penyebab terjadinya perdagangan manusia, khususnya perempuan dan anak di Kalimantan Barat. Kelima faktor tersebut adalah pertama letak geografis Kalimantan Barat dengan Serawak, yang mempunyai 60 jalan setapak yang dapat dilalui tanpa pengawasan, sehingga hal tersebut memposisikan Kalimantan Barat sebagai daerah pengirim sekaligus daerah transit. Kedua, kesenjangan ekonomi yang cukup tajam dengan negara tetangga, ketiga, lemahnya administrasi kependudukan yang mengakibatkan rawan terjadinya penyalahgunaan, keempat, rendahnya pendidikan dan keterampilan TKI dan kelima, terbatasnya informasi tentang lapangan kerja dan lapangan kerja itu sendiri.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Kalbar dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Kalbar, Christiandy Sandjaya pada Rakor Penanganan dan Pencegahan Masalah Tindak Pidana Perdagangan Orang dan Rakorda Bidang Pemberdayaan Perempuan, Anak, Masyarakat dan KB, Kamis 28 Mei 2009 di Balai Petitih Kantor Gubenur Kalimantan Barat.

Lebih lanjut Gubernur mengatakan bahwa meskipun kebijakan telah ditetapkan yang didukung sepenuhnya oleh masyarakat, namun perdagangan orang masih terus terjadi. Hal tersebut disebabkan karena perdagangan orang merupakan kejahatan transnasional yang melibatkan perolehan keuntungan yang cukup besar. Agar pencegahan dan penanganan perdagangan orang dapat dilaksanakan secara komperhensif, perlu dilakukan koordinasi dan kerjasama antar daerah, baik antar kabupaten/kota dan provinsi dan yang lebih penting adalah antar daerah pengirim dan daerah transit.

Diselenggarakannya Rakor ini mudah-mudahan dapat menjadi momentum yang tepat untuk membangun komitmen, menentukan strategi dan mensinergikan kebijakan/program untuk mengatasi permasalahan pemberdayaan perempuan dan anak, khususnya permasalahan perdagangan orang.

Dishubkominfo – henny yuniarti

 


KABAR LAINNYA:






APLIKASI e-Gov
LPSE Prov. Kalbar
Direktori File Kalbar
Database Kalbar
e-Proc (Lelang Proyek)
SIMKUM
e-Document
Organisasi Prov Kalbar
Simbada Pemprov Kalbar
Mitigasi Bencana
Dokumentasi & Informasi Hukum

INFO PUBLIK

UMP/UMK Kalbar 2014

Pergub Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah

LPSE KALBAR

Transparansi Pengelolaan Anggaran Daerah

Kajian Ekonomi Regional (KER) Kalimantan Barat 2011

Data Trafficking Kalbar

Statistik Kalimantan Barat

LAYANAN PUBLIK

Forum Anak Kalbar

Forum Transparansi Kalbar