KABAR KALBAR
Pengangguran Meningkat, Dinas Tak Kreatif
Senin, 06/12/2010

Klik untuk ukuran asli

PONTIANAK - Angka Pengangguran di Kalimantan Barat sudah diatas 125 ribu jiwa dari 2,2 juta jiwa angkatan kerja. Pada tahun 2011 diperkirakan lebih meningkat lagi, bisa-bisa mencapai angka 150 ribu jiwa. Angka ini sangat memprihatinkan, karena pemerintah daerah tidak berdaya untuk menekan angka pengangguran tersebut.

"Dari paparan kebijakan umum APBD Provinsi Kalimantan Barat Tahun Anggaran 2011, ternyata pengangguran diperkirakan mencapai 6,91 persen. Ini berarti meningkat dari lalu yang hanya 5,50 persen. Padahal Kalimantan Barat memiliki potensi lahan yang sangat luas, potensi investasi yang sangat besar, tapi kenapa program tersebut tidak mampu menekan angka pengangguran" ujar Retno Pramudya anggota Fraksi PPP DPRD Provinsi Kalimantan Barat.

Lebih lanjut Retno, yang juga Ketua Komisi A berharap agar instansi terkait yang membidangi masalah ekonomi dan kesejahteraan rakyat yang mendapatkan porsi anggaran cukup besar pada Tahun Anggaran 2011 dapat melakukan gerakan yang menekan angka pengangguran ini. "Pengangguran nantinya akan berdampak pada peningkatan angka kemiskinan, oleh karena itu sebelm terjadi lonjakan angka kemiskinan perlu ditekan angka pengangguran, yakni dengan membuka peluang usaha di Kalimantan Barat" ujarnya.

"Kita minta agar Dinas Pertanian, Dinas Perkebunan, Dinas Perindustrian dan Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Peternakan, serta beberapa instansi lainnya, jika ini bergerak semua, tidak melakukan program rutinitas kantoran semata, maka program menekan angka pengangguran bisa tercapai" tegas Retno.

Humas Set. DPRD Kalbar (Sy. Said)

 


KABAR LAINNYA:






APLIKASI e-Gov
LPSE Prov. Kalbar
RUP Prov Kalbar
Database Kalbar
e-Proc (Lelang Proyek)
SIMKUM
e-Document
Organisasi Prov Kalbar
Mitigasi Bencana
Dokumentasi & Informasi Hukum

INFO PUBLIK

PPID Pemprov. Kalbar

LAKIP Pemprov 2013

UMP/UMK Kalbar 2014

Pergub Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah

LPSE KALBAR

Transparansi Pengelolaan Anggaran Daerah (TPAD)

Kajian Ekonomi Regional (KER) Kalimantan Barat 2011

Data Trafficking Kalbar

Statistik Kalimantan Barat