KABAR KALBAR
Kegaiatan Pembekalan Menjelang Purna Tugas PNS Dilingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2013
Senin, 17/06/2013

Klik untuk ukuran asli

PONTIANAK - Mengawali sambutanya Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Barat Drs.Robertus Isdius, M.Si, Menginformasikan kepada semua peserta bahwa dari tahun ke tahun kami dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) terus berupaya untuk mengakomodir masukan dan saran terhadap kegiatan Pembekalan Purna Tugas ini, yang salah satunya yaitu menyelenggarakan kegiatan di luar daerah. Untuk itu di tahun 2013 ini, kami mencoba mengadakan kegiatan ini di luar kota Pontianak, yaitu di Anjungan Kab.Pontianak.

Semoga dengan suasana yang baru tentunya diharapkan memiliki makna yang penting dan sangat berharga bagi para PNS yang akan memasuki Purna Tugas tahun 2014, dan sekaligus memperlihatkan bahwa komitmen Pemerintah Daerah yang tinggi untuk tetap menghargai nilai pengabdian dan kesetiaan, serta prestasi yang telah ditunjukkan oleh PNS selama dalam melaksanakan tugas dan pengabdiannya kepada Negara Republik Indonesia, khususnya Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

Kepada Seluruh Peserta Pembekalan Purna Tugas Kepala Badan Kepegawaian Provinsi Kaliaman Barat menyampaikan, dengan diselenggarakannya pembekalan Purna Tugas, diharapkan dapat membuka wawasan dan menambah pengetahuan bagi para peserta, sehingga nantinya ilmu tersebut dapat dimanfaatkan dan dikembangkan semaksimal mungkin setelah memasuki masa purna tugas, dan diharapkan kepada para PNS yang akan memasuki masa pensiunnya tetap memiliki rasa percaya diri untuk terus dapat berkarya dengan modal pengetahuan yang didapat selama mengikuti masa pembekalan.

Pensiun merupakan hal yang pasti dialami oleh semua PNS. Suatu kekeliruan besar jika masa-masa pensiun bagi sebagian orang adalah masa yang kurang produktif. Justru saat masa pensiun, seseorang dapat dengan lebih leluasa menggunakan waktunya dan mengoptimalkan kreatifitas yang dimiliki, sehingga dengan adanya pembekalan ini, diharapkan para peserta dapat merubah pola pikir, yang semula sebagai PNS yang terikat dengan tugas dan waktu atau birokrasi menjadi seseorang yang kreatif.

Dimasa lalu paradigma untuk pensiunan atau penduduk lanjut usia adalah selalu perlu diperhatikan. Pada saat ini sudah waktunya kita harus memperbaharui dengan paradigma baru, bahwa lansia atau pensiunan adalah seseorang yang dapat memberi perhatian, memberdayakan masyarakat, berpartisipasi dalam pembangunan bangsa dan negara.

Kepada para Purna Tugas, Saya menghimbau untuk memperhatikan berbagai saran dan masukan, bagaimana mengisi kekosongan waktu selama masa pensiun. Misalnya dianjurkan untuk belajar mencari peluang berwirausaha dan mencari langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah aktif mengajar, memberi ceramah atau materi seminar dan menulis buku, atau juga para purna tugas dapat melibatkan diri dalam berbagai bentuk kegiatan sosial.

Selain itu para purna tugaspun dapat memulainya dengan bergabung dan aktif diberbagai organisasi kemasyarakatan berskala tingkat RW, Kelurahan atau pada tingkatan skala yang lebih besar, dengan demikian Saya meyakini para purna tugas akan menjalani masa pensiun dengan penuh rasa suka cita.

Sebagaimana kita sama-sama mengakui bahwa negara belum mampu sepenuhnya memberikan berbagai kemudahan dan fasilitas yang cukup, atau penghasilan yang besar bagi Pegawai Negeri Sipil. Kondisi tersebut tentu dapat kita rasakan, bahwa beban yang ditanggung oleh negara saat ini sangat berat, baik secara ekonomi,maupun dari segi anggaran dan belanja negara.

Dengan kondisi yang demikian, maka kita dapat memahami bersama-sama dengan penuh kesadaran dan memakluminya. Atas dasar pemikiran tersebut, apa yang kita lakukan sekarang ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat untuk memberikan penghargaan kepada para pensiunan PNS yang telah sekian lama mengabdikan diri kepada Bangsa dan Negara, khususnya kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Sebenarnya masih banyak program/kegiatan yang direncanakan untuk para purna tugas, namun dengan keterbatasan anggaran dan masih banyak peraturan perundang-undanagan yang membatasi, sehingga kita masih belum dapat menambah kegiatan lain untuk para purna tugas.
(Aso, A.Md Penyusun Informasi BKD Prov.Kalbar)

 


KABAR LAINNYA:






APLIKASI e-Gov
LPSE Prov. Kalbar
RUP Prov Kalbar
Direktori File Kalbar
Database Kalbar
e-Proc (Lelang Proyek)
SIMKUM
e-Document
Organisasi Prov Kalbar
Simbada Pemprov Kalbar
Mitigasi Bencana
Dokumentasi & Informasi Hukum

INFO PUBLIK

UMP/UMK Kalbar 2014

Pergub Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah

LPSE KALBAR

Transparansi Pengelolaan Anggaran Daerah

Kajian Ekonomi Regional (KER) Kalimantan Barat 2011

Data Trafficking Kalbar

Statistik Kalimantan Barat

LAYANAN PUBLIK

Forum Anak Kalbar

Forum Transparansi Kalbar