KABAR KALBAR
Pemprov Percepat Bangun Infrastruktur Perbatasan
Kamis, 15/08/2013

Pontianak- Gubernur Kalimantan Barat Drs.Cornelis,MH bertekat akan mempercepat pproses pembangunan insfrastruktur Jalan baik jalan yang menuju Perbatasan antar Negara tetangga Serawak (Malaysia) mapun jalan yang menghubungan antar Kabupaten.
Didampingi Bupati Bengkayang serta beberapa Kepala SKPD Pemnprov diantaranya Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Kepala Dinas Kehutanan, Kesehatan serta Kepala Dinas Pendidikan dan unsur pejabat Kecamatan .
Mengawali Kunkernya Gubernur Mininjau Pembangunan jalan tembuas perbatasan antar Kabuhpaten Bengkayang menuju Perbatasan Aruk Kabupaten Sambas, dimana pembangunan jalan tersebut sedang dilaksanakan pengerjaan pengerasan pondasi badan jalan, gubernur juga meminta kepada pejabat pihak terkait tentang jalan yang melewati hutan lindung, ini betul-betul diperhatikan, karena jangan sampai proses pembangunanya terkena hutan lindung atraupun hutan produksi, oleh sebab itu kita harus berhati-hati karena ini semua demi kemakmuran rakyat, apabila semua infrastruktur perbatasan bagus tentu dampaknya akan mengarah kemajuan roda perekonomian masyarakat, “jelasnya.

Usai meninjau jalan, Gubernur langsung menuju ke Perbatasan Jagoi Babang, dimana PLB ini langsung berbatasan denganb negara tetanggal Sarawak Malaysia.Pada persiapan pembangunan komplek pelayanan sedang dibangun kerangka perkantor meski baru mencapai 25 persen, tapi Gubernur Drs.Cornelis berjanji akan segera melanjutkan pembangunanya.
Memang penanganan masalah perbatasan Pemppprov Kalbar tidak bisa secara langsung, karena masalah daereah perbatasan antara negara masih wewenang Pemerintah Pusat, namun demikian Pemerintah Provinsiu sendiri rtelah membentuk struktur berupa Badan yang menangani Pembangunan daerah Perbatasan, ini diharapkan agar lebih dapat mekasimal dalam membangun daerah perbatasan.

Pemerintah Provinsi sudah beberapa kali mengusulkan kepada Pemerintah Pusat, agar dalam pengelolaan daerah perbatasan bisa diserahkan kepada Pemerintah Provinsi dengan mmeminta payung hukum sebagai dasar dalam kita membangun perbatasan, karena masalah perbatasan merupakan keranda terdepan bagi negara, oleh sebab itu sebagai cermin muka negara sudah sepatutnya mendapat perhatian khsusus.
Tapi sekarang ini secara bertahap pembangunan wilayah perbatasan terus diupayakan juga pemerintah pusat sudah sangat besar perhatiannya dalam membangun wilayah perbatasan antara negara,, Tegas Cornelis.

Sementara itu Bupati Bengkayang menyambut baik atas perhatian yang diberikan oleh Pemerintah baik pusat mapun Provinsi Kalbar, masyarakat perbatasan sangat mendambahkan pembangunan insfrastruktur jalan, apabila insprastruktur baik jalan maupun jembatan sudah memadai dengan sendirinya tentu dapat memacu pertumbuhan roda perekonomian masyarakat kalbar khsusunya masyarakat perbasan bengkayang.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Juga meninjau jalan tembus antara Kabupaten bengkayang menuju Kabupaten Landak di Kecamatan Suti Semarang menuju Kecamatan Seribu Kab Landak yang sudah dapat dilewati kendaraan roda dua, Gubernur akan berjanji segera membangun mulai jalan dari Kota Bengkayang menuju Kecamatan Suti Semarang hingga menuju Kecamatan Seribu.

Usai meninjau jalan, Gubernur yang didampingi Bupati Bengkayang, Anggota DPR RI dan DPD untuk membuka Pertemuan Wanita Khatolik Perhimpunan Injil Baktis Indonesia di Kecamatan Suti Semarang, pada kesempatan tersebut dalam arahannya Gubernur mengatakan, hidup ini harus berpedoman pada keimanan dan keyakinan serta pengharapan, dalam dunia politik, wanita khatolik harus bangkit dan maju dalam memperjuangkan kaumnya, apabila kita mau maju maka kita harus berpolitik, berubahnya nasib kaum itu tergantung kaum itu sendiri mau tidaknya untuk merubah nasibnya, “tegas Cornelis. ( Nasir Humas Pemprov)



 


KABAR LAINNYA:






APLIKASI e-Gov
LPSE Prov. Kalbar
RUP Prov Kalbar
Database Kalbar
e-Proc (Lelang Proyek)
SIMKUM
e-Document
Organisasi Prov Kalbar
Mitigasi Bencana
Dokumentasi & Informasi Hukum

INFO PUBLIK

LAKIP Pemprov 2013

UMP/UMK Kalbar 2014

Pergub Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah

LPSE KALBAR

Transparansi Pengelolaan Anggaran Daerah

Kajian Ekonomi Regional (KER) Kalimantan Barat 2011

Data Trafficking Kalbar

Statistik Kalimantan Barat