KABAR KALBAR
Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pabrik Smelter Bauksit
Kamis, 15/08/2013

Pontianak- Wakil Gubernur Kalbar Drs.Christiandy Sanjaya,SE.MM mendampingi Wakil Menteri ESDM RI Susilo Siswoutomo meresmikan pabrik Pengolahan dan pemurnian ( Smelter) bauksit milik PT Wll Harvest Winning ( WHW) Alumina Refiner merupakan perusahaan join venture Harita Group.
Peresmian pembangunan tersebut dengan oleh Wakil Menteri ESDM didampingi Wakil Gubernur Kalbar serta Wakil Bupati Ketapang dengan melakukan peletakan Batu pertama tanda akan dimulainya pembangunan pabrik yang berlokasi di Kendawangan Kabupaten Ketapang,

Dikatakan Wamen ESDM, Pembangunan Smelter ini diharapkan cepat selesai, sehingga pengolahan dan pemurnian bauksit segera dapat direalisasikan didalam negeri kita sendiri, karena bahan bakunya banyak terdapat di Kendawangan ini, tentu ini sangat besar sekali manfaatnya serta bisa memakmurkan masyarakat Ketapang.
Pembangunan Pabrik ini bertujuan dimana agar Indonesia khususnya Kalbar tidak mengekspor tanah dan air lagi, jangan sampai jadi batu nisan, tapi pembangunan ini harus tetap berjalan sesuai dengan rencana untuk mewujudkannya.

Sementara itu Presiden Direktur PT WHW, Lie Feng Hai antara lain dikatakannya, total investasi pembangunan Pabrik ini mencapai USD 1 Milyar, pembangunan Smelter akan dibagi dua tahap, pertama dibangun dengan berkafasitas satu juta ton pertahun yang diharapkan dapat beroperasi pada tahun 2015, kedua penambahan kafasitas produksi sebesar satu juta ton pertahun sehingga total menjadi 2 juta ton pertahun yang dijadwal kan bisa beroperasi pada tahun 2017, :tegasnya.
Ditambahkan CEO Harita Group Lim Gunawan Haryanto, PT. WHW Harita Group memiliki 25 % saham, pemegang saham mayoritas adalah China Hong Qiao, meskipun Harita hanya memilik 25 persen, kami bangga bisa menarik investor asing untuk berinvestasi membangun smelter di Indonesia khususnya di Kalbar Kabupaten Ketapang.

Wakil Gubernur Drs.Christiandy Sanjaya,SAE,MM mengatakan, ini sejarah baru bagi Indonesia Khususnya di Wilayah Kalbar Kabupaten Ketapang, dimana kita banyak memilik sumber daya alam yang melimpah ruah salah satunya bauksit yang terdapat diubeberapa Kabuparten, diantaranya di Kendawangan Kabupaten Ketapang, dibangunnya pabrik Smelter Pemurnian bauksit ini memberikan keuntungan bagi kita Kalbar, oleh sebab itu diharapkan agar masyarakat dapat mendukung serta memberikan keamanan yang sangat diperlukan bagi investor asing, tanpa aman tentu segala investasi bagi investor tidak akan masuk untuk berinvestasi di wialayah ini.
Dibangunnya pabrik ini tentu akan mendorong kemajuan perekonomian Kalbar khususnya di Kabupaten Ketapang itu sendiri, jelas Christiandy. ( Nasir Humas Pemprov)


 


KABAR LAINNYA:






APLIKASI e-Gov
LPSE Prov. Kalbar
RUP Prov Kalbar
Database Kalbar
e-Proc (Lelang Proyek)
SIMKUM
e-Document
Organisasi Prov Kalbar
Mitigasi Bencana
Dokumentasi & Informasi Hukum

INFO PUBLIK

PPID Pemprov. Kalbar

LAKIP Pemprov 2013

UMP/UMK Kalbar 2014

Pergub Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah

LPSE KALBAR

Transparansi Pengelolaan Anggaran Daerah (TPAD)

Kajian Ekonomi Regional (KER) Kalimantan Barat 2011

Data Trafficking Kalbar

Statistik Kalimantan Barat