KABAR KALBAR
Sekda Kalbar Minta Dinas Kesehatan Pantau Kantin Sekolah
Jumat, 11/03/2011

Kualitas sumber daya manusia antara lain sangat ditentukan oleh dua faktor yang saling berkaitan yaitu kesehatan dan pendidikan, dimana kesehatan menjadi syarat utama agar pendidikan dapat berhasil, sementara pendidikan yang diperoleh diharapkan dapat menjadi faktor pendukung tercapainya peningkatan derajat kesehatan masyarakat khususnya peserta didik secara paripurna.

Untuk mempromosikan kesehatan sebagai syarat utama di sekolah, mutlak diperlukan upaya-upaya pemeliharaan dan peningkatan kesehatan secara konsisten dan terus menerus antara lain dengan mewujudkan Kantin yang menyediakan makanan dan minuman yang sehat, bergizi dan layak dikonsumsi oleh peserta didik, agar dapat menjadi faktor pendukung dalam proses pembelajaran serta pembentukan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, kuat dan berperilaku baik.

Harapan dan keinginan di atas sangat beralasan mengingat rata-rata 1800 jam per tahun atau sebagian waktu hidup anak berada di lingkungan sekolah untuk belajar, maka sudah selayaknya mereka mendapatkan asupan makanan dan minuman yang sehat dan memiliki kandungan gizi yang seimbang melalui penyediaan Kantin yang sehat dimaksud, karena diketahui saat ini banyak makanan dan minuman yang disediakan/dijual di Kantin sekolah maupun oleh pedagang yang berjualan di luar lingkungan sekolah tidak layak untuk dikonsumsi oleh peserta didik termasuk peralatan makan/minum yang digunakan dan cara penyajiannya yang tidak higienis, sehingga dikhawatirkan akan berdampak buruk terhadap perkembangan otak dan kesehatan jasmani peserta didik.

Oleh karena itu sejalan dengan visi Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yaitu mewujudkan masyarakat Kalimantan Barat yang beriman, sehat, cerdas, aman, berbudaya dan sejahtera, Drs. M. Zeet Hamdy Assovie, MTM selaku Sekretaris Daerah Prov. Kalbar meminta Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat dan Kepala Balai Besar POM Pontianak untuk mengkoordinasikan kegiatan pemantauan, pemeriksaan sekaligus penyuluhan terhadap Kantin Sekolah dan para pedagang yang menjual jajanan makanan anak di sekolah, dengan Instansi terkait di jajaran Pemerintah Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat untuk kemudian dilaporkan secara rutin dan berkala kepada Gubernur melalui Biro Kesejahteraan Sosial Setda Provinsi Kalimantan Barat. (Priadi/UPDE Prov. Kalbar)

Sumber: Kusnadi (Bagian Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda & Olahraga, Biro Kessos Sekda Kalbar)

 


KABAR LAINNYA:






APLIKASI e-Gov
LPSE Prov. Kalbar
RUP Prov Kalbar
Database Kalbar
e-Proc (Lelang Proyek)
SIMKUM
e-Document
Organisasi Prov Kalbar
Mitigasi Bencana
Dokumentasi & Informasi Hukum

INFO PUBLIK

LAKIP Pemprov 2013

UMP/UMK Kalbar 2014

Pergub Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah

LPSE KALBAR

Transparansi Pengelolaan Anggaran Daerah (TPAD)

Kajian Ekonomi Regional (KER) Kalimantan Barat 2011

Data Trafficking Kalbar

Statistik Kalimantan Barat