KABAR KALBAR
Gubernur, “ Usul Dana DAK Bidang BKKBN Di Tambah “
Senin, 14/03/2011

Pontianak- Gubernur mengusulkan kepada Pemerintah Pusat, melalui Kepala BKKBN untuk menambah jumlah serta dukungan DAK khusus bidang BKKBN bagi Kabupaten / Kota pada tahun 2012 untuk Provinsi Kalimantan Barat
Karena dalam pelaksanaan pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana, Kalimantan Barat telah berhasil mencapai sasaran-sasaran pokok yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat. Dengan pencapaian KB baru pada tahun 2010 mencapai 118% dari sasaran yang ditetapkan, namun pencapaian masih rendah pada kepesertaan KB Jenis Spiral dan Medis Operasi Pria ( Vasectomy).
Mengingat Kalbar yang luasnya wilayahnya 146.807 Km 2 atau 1,5 kali luas Pulau Jawa dan Bali . Dengan jumlah penduduk dari hasil sementara sensus penduduk tahun 2010 sekitar 4.393.239 Jiwa tersebar diseluruh wilayah Kabupaten/Kota, kepadatan penduduk baru mencapai 30 orang / Km 2.
Demikian disampaikan Gubernur Kalbar Drs. Cornelis,MH ketika membuka acara sosialisasi Palakssanaan Dana Alokasi Khusus ( DAK) Bidang Keluarga Berencana Tahun 2011 Regional III Wilayah Jawa, Bali dan Kalimantan yang berlangsung di Hotel Grend Mahkota Pontianak, Rabu ( 9/3).

Dukungan DAK yang diberikan Pemerintah Pusat kepada Pemda Kalbar untuk Kabupaten / Kota dalam bidang KB sejak tahun 2008, masih sebatas untuk sarana dan prasarana di daerah, jika dibandingkan dengan DAK bidang lain seperti Perikanan dan Kelautan, Pertanian dan Kesehatan sudah dapat mendukung kegiatan operasional di Lapangan, “ Tegas Cornelis,

Diakui , Cornelis, memang kemampuan APBD di Kabupaten / Kota khususnya di Kalbar sangat rendah, jika dibanding dengan Kabupaten/Kota di Wilayah Jawa dan Bali.
Mengingat DAK Bidang KB ini ditujukan untuk pengadaan sarana dan prasarana, oleh sebab itu pentingnya proses pengadaan yang sesuai aturan, transparan dan tertib administrasi.
Proses pengadaan sarana dan prasarana harus mengikuti prosedur dan mekanisme yang benar sesuai dengan Peraturan Presiden No 54 tahun 2010 tentag pengadaan barang dan jasa Pemerintah
Gubernur berharap, agar seluruh barang yang didukung dari DAK Bidang KB dapat dimannfaatkan, dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya oleh para SKPD- KB untuk mendukung pelaksanaan Program KB di lapangan, jelasnya.
Hadir selain kepala BKKBN pusat, Unsur Muspida, para Pejabat Eslon I BKKBN. ( Humas Pemprov / Nasir ).




 


KABAR LAINNYA:






APLIKASI e-Gov
LPSE Prov. Kalbar
RUP Prov Kalbar
Direktori File Kalbar
Database Kalbar
e-Proc (Lelang Proyek)
SIMKUM
e-Document
Organisasi Prov Kalbar
Simbada Pemprov Kalbar
Mitigasi Bencana
Dokumentasi & Informasi Hukum

INFO PUBLIK

UMP/UMK Kalbar 2014

Pergub Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah

LPSE KALBAR

Transparansi Pengelolaan Anggaran Daerah

Kajian Ekonomi Regional (KER) Kalimantan Barat 2011

Data Trafficking Kalbar

Statistik Kalimantan Barat

LAYANAN PUBLIK

Forum Anak Kalbar

Forum Transparansi Kalbar