KABAR KALBAR
Dibuka Kesempatan Bagi Pemuda Untuk Menjadi Perwira TNI Angakatan Udara
Senin, 11/04/2011

Klik untuk ukuran asli

Komandan Pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkata Udara Supadio melalui Kepala Dinas Personelnya, Letkol.Adm Tonelson Siburian, S.Si, menyampaikan bahwa TNI AU saat ini membuka kesempatan kepada Pemuda Indonesia untuk menjadi Perwira melalui Akademi Angkatan Udara yang dibuka sejak tanggal 1 Maret hingga tanggal 20 Mei 2011 mendatang, dengan tempat pendaftaran di Pangkalan TNI AU Supadio Pontianak, Jl. Sungai Durian telpon 0561 721005, dan Mess Dirgantara, Jl. Imam Bonjol telpon. 0561 736021.
Adapun syarat-syaratnya menurut Tonelson adalah :
- Warga Negara Indonesia, Pria, Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, Setia dan Taat Kepada UUD 1945 serta Bukan Prajurit TNI/Polri atau PNS TNI/Polri
- Umur pada saat masuk pendidikan tanggal 1 Agustus 2011 minimal 17 tahun 9 bulan dan tidak lebih dari 22 tahun.
- Berkelakuan Baik dan tidak kehilangan hak untuk menjadi prajurit TNI berdasarkan keputusan Pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap yang dinyatakan dengan surat keterangan Kapolres setempat
- Berbadan Sehat ( Jasmani dan Rohani )
- Belum pernah menikah dan sanggup untuk tidak menikah dalam pendidikan Karbol dan lanjutannya
- Sanggup melaksanakan ikatan dinas pertama selama 10 tahun terhitung mulai saat dilantik menjadi perwira TNI dan bersedia ditempatkan dimana saja diseluruh wilayah Indonesia.
- Surat Persetujuan dari Orang Tua
- Bagi yang sudah bekerja secara tetap sebgai pegawai/karyawan negeri/swasta disertai dengan Suarat persetujuan dari kepala jawatan yang bersangkutan dan bersedia diberhentikan dari status pegawai, bila diterima menjadi Karbol Akademi Angkatan Udara
- Tinggi badan minimal 165 cm.
- Tamatan SMA Jurusan IPA, dengan Ketentuan DANEM/SKHUN
- Tahun 2006, nilai rata-rata 6,5 dan tidak boleh ada nilai dibawah 4,26
- Tahun 2007, nilai rata-rata 6,5 dan tidak boleh ada nilai dibawah 6
- Tahun 2008, nilai rata-rata 6,5 dan tidak boleh ada nilai dibawah 6
- Tahun 2009, nilai rata-rata 6,5 akumulatif untuk 10 mata pelajaran terdiri dari 6 mata pelajaran UAN dan 4 mata pelajaran UAS, yaitu Pendidikan Agama, PKN, Sejarah, dan Teknik Informatika adalah 7, dari 10 mata pelajaran tersebut hanya diperbolehkan 1 mata pelajaran dengan nilainya dibawah 6 dengan batas bawah 5,5.
- Tahun 2010 nilai rata-rata untuk 10 mata pelajaran terdiri dari 6 mata pelajaran UAN dan 4 mata Pelajaran UAS Pendidikan Agama, PKN, Sejarah dan teknik Informatika adalah 7, dari 10 mata pelajaran tsb diperbolehkan 1 mata pelajaran dengan nilainya di bawah 6 dengan batas bawah 5,4
- Untuk tahun 2011 akan ditentukan kemudian
- DANEM tersebut disertai dengan daftar nilai komulatif
- Harus mengikuti dan lulus ujian / pemerikasaan yang meliputi
Administrasi, Skrining POM, Kesehatan Umum calon Prajurit TNI dan kesehatan jiwa, Kemampuan Jasmani (samapta ”A””B” Renag dan Postur / Antropometrik, Psikologi, Penelitian Personel dan Akademis.

Dijelaskan Tonelson, cara Pendaftaran, Calon datang sendiri ketempat pendaftaran, dengan menyerahkan masing-masing Fotocopy akte kelahiran, Surat Kenal Lahir yang telah dilegalisasi oleh pejabat berwenang, Fotocopy KTP Calon dan KTP Orang Tua / Wali yang telah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang, Pas Foto Hitam Putih ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar, Fotocopy Ijazah SD, SMP, SMU,Sederajat dan DANEM yang telah dilegalisir, untuk Ijazah terakhir sesuai dengan persyaratan, sudah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasioanl No.59 tahun 2008, bagi yang belum lulus sekolah agar melampirkan surat keterangan dari Kepala Sekolah yang menerangkan bahwa pelamar masih duduk di kelas III ( tiga ) SMA / MAN.
Ditambahkan Tonelson kesempatan ini diutamakan bagi pemuda Daerah khususnya Pemuda dari Kalimantan Barat. ( Ruslan Humas Prov )

 


KABAR LAINNYA:






APLIKASI e-Gov
LPSE Prov. Kalbar
RUP Prov Kalbar
Database Kalbar
e-Proc (Lelang Proyek)
SIMKUM
e-Document
Organisasi Prov Kalbar
Mitigasi Bencana
Dokumentasi & Informasi Hukum

INFO PUBLIK

LAKIP Pemprov 2013

UMP/UMK Kalbar 2014

Pergub Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah

LPSE KALBAR

Transparansi Pengelolaan Anggaran Daerah

Kajian Ekonomi Regional (KER) Kalimantan Barat 2011

Data Trafficking Kalbar

Statistik Kalimantan Barat