BERITA DAN KEGIATAN

Cornelis Letakan Batu Pertama Pembangunan Kantor Pusat Bank Kalbar

Jum'at, 12 Januari 2018 08:43 WIB
0 Komentar 91 View
Uncategorized

 

Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis meresmikan dimulainya pembangunan gedung Kantor Pusat Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat (Bank Kalbar) di simpang Jl Ahmad Yani dan Jl Parit H Husien 1, Selasa, (9/1). Dirangkaikan peresmian gedung Kantor Cabang Sintang, Capem Manis Mata, Capem Teluk Pakedai, dan Capem Teluk Batang.

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan pula penekanan sirine secara bersama oleh Gubernur Kalbar, Ketua TP PKK Kalbar, Kajati Kalbar, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalbar, Plt Kepala OJK Kalbar, Bupati Landak, Bupati Sekadau, Bupati Melawi, Bupati Sintang, Wali Kota Singkawang, Wakil Bupati Kubu Raya, Wakil Bupati Mempawah, serta Komisaris Utama dan Direktur Utama Bank Kalbar. Dilanjutkan dengan peletakan batu pertama gedung Kantor Pusat Bank Kalbar oleh Gubernur Kalbar, Kajati Kalbar, Ketua TP PKK Kalbar, dan Direktur Utama Bank Kalbar.

Cornelis berharap, keberadaan kantor baru dapat meningkatkan pelayanan dan pendapatan Bank Kalbar, sehingga deviden yang dihasilkan bagi pemegang saham, yaitu para kepala daerah turut meningkat. “Tadi (dalam RUPS), kita dapat deviden Rp78 miliar. Bank Kalbar ini memang kecil, tapi sehat. Kita gunakan pengacara negara (Kejaksaan Tinggi) untuk dampingi Bank Kalbar. Kita boleh berkonsultasi,” ujarnya.

Cornelis menyampaikan terima kasih kepada pimpinan Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan yang telah mendampingi Bank Kalbar, selama 10 tahun terakhir. “Bersama kita urusi Bank Kalbar, ternyata bisa juga sehat. Saya ucapkan terima kasih. Juga kepada para kepala daerah, Bupati dan Wali Kota se-Kalbar yang sudah percayakan dananya di Bank Kalbar,” katapemegang saham pengendali Bank Kalbar ini.

Mantan Bupati Landak itu meminta, mulai komisaris sampai pegawai Bank Kalbar untuk mengelola dana yang ada dengan baik. Karena hal tersebut menyangkut hidup mati bersama. “Di situ ada lapangan pekerjaan, pendapatan, dan lain-lain. Karena itu, kalau ada mental amtenar feodal dihilangkan,” ujarnya.

Persaingan industri perbankan, saat ini menurut Cornelis jauh lebih ketat. Apalagi dengan lebih luasnya pengunaan teknologi informasi (IT). Ia juga meminta gedung-gedung kantor yang baru dibangun tersebut dipelihara dan diurus sebaik mungkin. Dalam kesempatan tersebut, ia kembali meminta para kepala daerah untuk terus bertransaksi dan bermintra dengan Bank Kalbar, sehingga bank pembangunan daerah milik bersama itu semakin baik lagi ke depannya.

Direktur Utama Bank Kalbar, Samsir Ismail menyampaikan, Kantor Pusat Bank Kalbar baru akan berdiri 12 lantai dengan luas bangunan 22.354 meter persegi di atas tanah seluas 7.893 meter persegi. Kondisi kantor pusat yang berbagi dengan kantor cabang utama tidak lagi memadai, terutama dalam daya tampung pegawai untuk melaksanakan volume pekerjaan yang ada. “Dengan dibangunnya Kantor Pusat Bank Kalbar yang baru ini, makan kantor kami di Jl Rahadi Osman No.10 sepenuhnya akan digunakan untuk opersional Kantor Cabang Utama Pontianak. Sehingga peningkatan pelayanan kepada nasbah dapat kami lakukan dengan lebih baik lagi,” jelas Samsir.

Ia menambahkan, Kantor Cabang Sintang di Jl PKP Mujahidin terdiri dari bangunan empat lantai dengan luas 3.709,26 meter persegi yang berdiri di atas tanah 6.783 meter persegi. Kantor cabang Sintang lebih luas dari kantor cabang di kabupaten/kota lain, karena disiapkan menjadi kantor cabang utama yang khusus membawahi beberapa kantor cabang di daerah perhuluan.

Capem Manis Mata di Jl Provinsi Desa Ratu Elok memiliki luas bangunan 413 meter persegi di atas tanah 715 meter persegi. Capem Teluk Pakedai di Jl Parit Tuan-Tuan RT.002/RW.001 memiliki luas bangunan 237,15 meter persegi di atas tanah 2.000 meter persegi. Capem Teluk Batang di Jl Provinsi Dusun Panca Karya RT.18 memiliki luas bangunan 387 meter persegi di atas tanah 822 meter persegi.

“Besar harapan kami, dengan kondisi gedung kantor baru ini dapat memberikan pelayanan lebih baik dan memudahkan masyarakat untuk bertransaksi dengan nyaman, aman, serta dapat memberikan kepuasan tersendiri kepada nasabah. Sehingga nasabah atau calon nasabah dapat memanfaatkan produk dan jasa Bank Kalbar yang ada,” katanya.

Ia juga menginforkasikan jumlah jaringan kantor Bank Kalbar posisi 31 Desember 2017 mencapai 523 jaringan kantor dan pelayanan yang tersebar di Kalbar dan Jakarta. Terdiri dari 1 kantor pusat, 19 kantor cabang konvensional dan 3 syariah, 57 capem konvensional dan 2 syariah, 53 kantor kas konvensional dan 6 syariah, 22 kas mobil, 63 payment point, 65 layanan syariah, serta 216 ATM dan 16 CDM.( Nasir Humpro)

 

 


Oleh: (M. Nasir)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id