BERITA DAN KEGIATAN

Sarasehan BPJS Kesehatan dan KORPRI Kalbar

Jum'at, 4 Mei 2018 14:03 WIB
0 Komentar 118 View
Uncategorized

PONTIANAK – Pj. Gubernur Kalimantan Barat  melalui Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Prov Kalbar Syarif Yusniarsyah Syahab, mengatakan bahwa selama ini pelayanan BPJS Kesehatan terhadap Apartur Sipil Negara (ASN) dinilai sudah cukup baik, meskipun demikian masih didengar adanya komplain atau keluhan dari sebagian ASN, karena merasa bahwa pelayanan di rumah sakit bagi ASN masih dinomorduakan, hal ini tentunya tidak boleh terjadi apabila petugas medis dan paramedis di rumah sakit menyadari bahwa sebenarnya para petugas medis dan paramedis adalah anggota Korpri, yang sudah semestinya sesama anggota Korpri bahu membahu, saling membantu saling menolong dan bersinergi. Oleh karenanya dihimbau kepada ASN di manapun bertugas agar selalu meningkatkan silidaritas dan kesetiakawanan Korp sehingga dapat menumbuh kembangkan solidaritas bagi segenap anggota Korpri termasuk dalam pelayanan kesehatan.

Diharapkan agar kepada jajaran BPJS Kesehatan agar kerja sama yang telah baik ini dapat diteruskan dan ditingkatkan dalam upaya membantu meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan anggota Korpri dan keluarganya, terutama generasi General chek Up kepada para ASN sebagai upaya pencegahan, bukan kuratif atau penyembuhan. Demikian kata Gubernur saat membuka Sarasehann Pelayanan BPJS Kesehatan bagi Anggota KORPRI, di Hotel Mercure, Kamis (1/3)

Sementara itu Direktur Perluasan dan pelayanan peserta BPJS Kesehatan, Andayani Budi Lestari, menjelaskan bahwa sebenarnya KORPRI merupakan peserta yang telah menjadi mitra baik bagi BPJS Kesehatan, dan merupakan peserta yang harus di  edukasi dan update terkait dengan kebijakan terbaru BPJS Kesehatan yang bertujuan agar peserta dapat memperoleh manfaat sesuai dengan haknya serta melalui prosedur yang benar, karena banyak kasus yang berkembang diakibatkan oleh peserta yang tidak mengikuti prosedur yang berlaku, baik itu karena ketidak tahuan ataupun yang lainnya dengan meningkatkan frekuensi sosialisasi, harapannya kasus-kasus tersebut dapat diminimalisir.

Menurut Andayani, system pelayanan kesehatan di era BPJS Kesehatan, mengutamakan optimalisasi di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) seperti Puskesmas, klinik pratama, maupun dokter praktek perorangan yang  bekerja sama dengan BPJS Kesehatandalam menyediakan layanan kesehatan bagi masyarakat sehingga FKTP bukan hanya berfungsi sebagai pembuat rujukan semata.

Melalui mekanisme pelayanan kesehatan berjenjang tersebut, andayani berharap FKTP dapat menjalankan perannya secara signifikan dan konprehensif, maka dapat merubah paradigma bahwa FKTP hanya tempat untuk meminta rujukan saja, kalau bisa ditangani di puskesmas, kenapa harus pergi kerumah sakit, kecuali pasien peserta BPJS Kesehatan tersebut perlu penanganan spesialistik, baru dirujuk kerumah sakit.

Menurut Andayani BPJS Kesehatan terus berupaya melakukan sosialisasi baik langsung maupun tidak langsung kepada masyarakat, termasuk pemberian edukasi guna lebih meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap kesehatan. (ruslanhumasprov)

Caption Foto :

BUKA SARASEHAN : Sy. Yusniarsyah Syahab, memukul gong tanda dimulainya kegiatan Sarasehan BPJS Kesehatan dengan Korpri Kalimantan Barat yang berlangsung di Hotel Mercure, Kamis (1/3) Foto : Ruslan Humas Prov.  

 

 


Oleh: (Ruslan)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id