BERITA DAN KEGIATAN

Seminar Riset Bidang Ekonomi dan Pembangunan Badan Penelitian dan Pengembangan Prov. Kalbar

Jum'at, 30 November 2018 14:14 WIB
0 Komentar 255 View
Uncategorized

Penelitian atau riset dapat diartikan sebagai cara dan proses penemuan melalui pengamatan atau penyelidikan yang bertujuan untuk mencari jawaban permasalahan atau persoalan sebagai suatu masalah yang diteliti. Riset sangat penting dalam perkembangan zaman yang dapat bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan dan pengembangan teknologi. Kebijakan pemerintah yang diawali dengan penelitian akan jauh lebih efektif daripada kebijakan yang tidak diawali dengan penelitian. Hal ini dikarenakan penelitian dapat memberikan informasi yang faktual, valid dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Sehingga pemerintah daerah tidak salah dalam mengambil  kebijakan untuk mencari solusi dari permasalahan baik di bidang sosial, ekonomi dan bidang lainnya.

Berdasarkan hal tersebut, melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat maka diadakanlah Seminar Riset (Draft Laporan Akhir) Tahun 2018 Bidang Ekonomi dan Pembangunan pada hari Selasa, 27 November 2018, bertempat di Hotel Kapuas Dharma 1 - Pontianak . Seminar riset (Draft Laporan Akhir) pada dasarnya adalah rangka mendapatkan masukan dari para narasumber yang terdiri dari akademisi, instansi terkait dan para peserta untuk penyempurnaan laporan akhir penelitian sehingga hasil penelitian mencapai target yang diharapkan yaitu ilmiah dan implementatif. Kegiatan Seminar ini mengusung 2 judul penelitian yaitu Penelitian Pengembangan Industri Hilir Karet (KesesuaianUsaha Mikro, Kecil dan Menengah dalam Memproduksi Produk Karet Tertentu) yang berangotakan Ir. Rudi Setyo Utomo, M.Si, Tri Wahyudi, ST., MT. ,  Marcelina, ST., M.Sc., dan Iwan Rusiardy, STP., M.Si serta Penelitian Model dan Strategi Pengembangan Produk Ternak dalam Rangka Mendukung Program Swasembada Produk Ternak di Provinsi Kalimantan  Barat yang beranggotakan Achmad Nashar Setyabudi, SP., Dr. Ir. A. Tohardi, MM., dan DR. H. Arifin, S.Sos., M.AB. Setiap penelitian menghadirkan 3 Narasumber yang berbeda. Narasumber untuk penelitian karet menghadirkan Ir. Evi Theodora Agustina Silalahi, M.S.E. dari  Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Barat, Ir. Untad Dharmawan, M.Si  dari Dinas Perindustrian dan Perdanganan Provinsi Kalimantan Barat dan Drs. Laksamana dari  Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat. Sedangkan untuk penelitian tentang ternak menghadirkan Ir. Marjoko Purnomosipi, M.Si dari Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura, Ir. Danang Saputro dari Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Barat dan M. Alkatiri, A.Pi dari Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat. 

Selain itu, kegiatan ini melibatkan perwakilan dan Bank Indonesia, akademisi /peneliti dari perguruan tinggi, instansi Pemerintah Provinsi, Bappeda kabupaten / kota, perwakilan HIMPU, GAPKINDO, PT. PN XIII, dan KADIN Kalbar. Badan Penelitian dan Pengembangan berusaha secara terus menerus meningkatkan kualitas penelitian yang meliputi : penentuan topik-topik penelitian yang aktual sesuai kebutuhan daerah, keikutsertaan institusi dan unsur-unsur terkait dalam proses perencanaan dan pelaksanaan sehingga hasil penelitian dapat memberikan manfaat yang luas khususnya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. (PAP, Balitbang)

 


Oleh: (Resky nanda Pranaka, SKM)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id